Tak ada yang bizsa ku lakukan selain berharap,, somoga semuanyakan abadi.
Kamis, 12 Januari 2012
CONTOH NASKAH RADIO
NASKAH PROGRAM AUDIO/RADIO
GAMES DAN PENDIDIKAN
OLEH,
NAMA : NETA SELVIA NPM 10 22 499
KELAS : C. 3. 17
DOSEN : ADE VIDIANTI, S.Pd
PROGRAM STUDY TEKNOLOGI PENDIDIKAN
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS BATURAJA
2011
NASKAH PROGRAM AUDIO
Mata Acara : Forum Informasi Pendidikan
Topik Program : Pengaruh games dalam pendidikan
Judul : Games dan Pendidikan
Sasaran : Khalayak Umum
Tujuan Isi Program :
a) Menjelaskan apa itu games
b) Memberitu dampak yang akan timbul dari penggunaan games
c) Manfaat dari games bagi peserta didik
d) Ketepat sasaran penggunaan games
Garis-garis Besar Isi Program (GBIP) :
a) Games adalah sebuah bentuk permainan yang menggunakan teknologi modern dan bersifat audio visual. Games juga sudah banyak digunakan oleh anak-anak dibawah umur terutama pada kalangan pelajar.
Games juga dapat digolongkan menjadi dua bagian :
1. Games yang bersifat mendidik
2. Games yang tidak mendidik
b) Dampak negatif dari penggunaan games terutama pada kalangan pelajar diantaranya :
1. Membuat anak malas belajar
2. Lupa waktu
3. Dapat menyebabkan gangguan pada mata akibat sering fokus pada cahaya layar LCD.
c) Manfaat dari penggunaan games bagi peserta didik dapat ditunjukan dengan :
1. Membuat anak didik menjadi cekatan
2. Anak didik biasanya lebih teliti
3. Membuat anak didik pandai berpikir dan mau berpikir keras
4. Menimbulkan sifat persaingan dan kekompakan.
d) Sasaran yang tepat dalam penggunaan games ini sangatlah perlu diperhatikan. Bagi seorang pelajar sebaiknya dalam bermain apapun termasuk games modern perlu adanya pendampingan dari keluarga terutama orang tua.
Waktu yang tepat sebaiknya pada saat anak melakukan kegiatan keras (berpikir keras) sehingga anak tersebut tidak mengalami kejenuhan.
Sinopsis
Games merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dengan menggunakan alat baik tradisional maupun modern. Akan tetapi dizaman sekarang anak didik lebih senang mengunakan games modern karena dianggap lebih mudah dan cepat.
Hal inilah yang membuat pelajar saat ini sangat jarang mempunyai kemampuan atau kreatif karena mulai dari permainan yang dikenalka dari sejak mereka masih kecil sampai dengan dewasa akan menimbulkan kemampuan bagi anak didik tersebut.
Games juga ada yang sifatnya mendidik, sepeti ; game teka-teki, tebak gambar, atau sebagainya yang digunakan untuk melatih keterampilan dan cara berfikir anak agar lebih kreatif, tetapi games juga ada yang tidak mendidik seperti ; games online, games PSP yang lebih banyak terkait dengan alat-alat modern sehingga tidak bermanfaat bagi perkembangan anak terutama anak usia dini.
Dampak positif dari permainan atau games bagi kalangan peserta ddik, diantaranya :
Anak lebih giat belajar (pandai berpikir)
Anak lebih cekatan dan teliti
Meimblkan sifat kompak dan mau saling berbagi antara satu dan yang lainnya(mau bekerjasama)
Sedangkan dampak negatif dari games itu sendiri, seperti :
Anak sering lupa waku
Malas belajar dan tidak mau berusaha
Anak kurang terampil
Sasaran yang tepat untuk menggunakan games yaitu pada anak yang sudah memahami maksud dan manfaat dari penggunaan games itu sendiri perlu pendampingan dari orang yang lebih dewasa dan paham seperti didampingi guru, orang tua maupun teman yang lebih mengerti.
Waktu yang tidak sebaiknya :
Pada saat anak selesai belajar agar tidak terjadi kejenuhan dan pada anak usia dini sebaiknya games tersebut diguanakn untuk belajar atau bermain sambil belajar agar mudah dipahami oleh anak.
Games yang diguanakan sebaiknya games tradisional atau hasil kreatif sendiri bukan langsung menggunakan alat modern.
Seperti : tarik tambang, menyatukan gambar dan lain-lain, sedangkan alat modern seperti : PSP dan game online.
Format Naskah : Narasi dan Wawancara
Treatment :
1. Program dibaka oleh Announcer
2. Penyampaian tujuan isi program oleh Narator
3. Lalu uraian tentang games oleh Narator
4. Menerima telephon dari pendengar
5. Penarikan kesimpulan oleh Narator
6. Program acara ditutup oleh Announcer
Kerabat Kerja :
1. Penulis Naskah : Neta Selvia
2. Produser : Riko April
3. Sutradara : Neta Selvia
4. Operator : Shela
5. Teknisi : Boby Nofandra
6. Para Pemain :
a. Sebagai Announcer : Livia
b. Sebagai Narator pembaca narasi : Nasela
c. Sebagai Narator yang mewawancara : Julia
d. Sebagai Narasumber 1 : M. Jalil Arasyid
e. Sebagai Narasumber 2 : Aisyah
f. Sebagai Penelpon 1 : Cici
g. Sebagai Penelpon 2 : Aprilian
7. Penanggung jawab isi program : Ade Vidianti, S.Pd
BUKTI BIMBINGAN KONSULTASI
PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO RADIO
NAMA : NETA SELVIA
NPM : 10 22 499
KELAS : C.3.17
PRODI : TEKNOLOGI PENDIDIKAN
DOSEN : ADE VIDIANTI, S.Pd
NO HARI/TGL MATERI YANG DIREVISI PARAF KET
1 28/10/2011 Ganti Topik Lain
2 11/11/2011 Lanjut ke Naskah
3 16/12/2011 - Perbaiki dan Kembangan lagi Naskah
- Lanjut ke pengetikan
4
Baturaja, 29 Desember 2011
Dosen Pembimbing
Ade Vidianti, S.Pd
Pemain Istilah Narasi/ Audio
Musik Pembuka
Announcer
Musik
Narator Narasi
Musik
Narator Narasi In up – down – out
(on mike)
Selamat Pagi para pendengar sekalian, jumpa lagi dalam acara Forum Informasi Pendidikan yang dikelolah oleh mahasiswa Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Baturaja, dengan judul program kali ini ”Games dan Pendidikan”. Sasaran ini ditujukan pada pendengar sekalian.
In – up – down – out
(on mike)
Para pendengar yang berbahagia, mungkin kita sering mendengar kata games dalam kehidupan kita.
Banyak yang berpikir kalau games itu adalah suatu hal yang tidak bermanfaat karena hanya dipandang dari satu sudut pandang saja.
Pada program acara kali ini kita akan menungkap makna yang sebenarnya dari games dan apa hubungannya dengan pendidikan? Baiklah sebelum dilanjutkan mari kita dengarkan dahulu lagu yang berikut ini
In – up – down – out
(On Mike)
Games adalah sebuah permainan, mungkin kita semua sudah tahu apa itu games dan berpikir games itu adalah suatu permainan yang sifatnya mengganggu kegiatan sehari-hari terutama bagi kalangan pelajar dan mungkin masih banyak definisi yang lain sesuai dengan
Pemain Istilah Narasi/ Audio
Musik
Narator Wawancara
M.Jalil dan Aisyah
Narator Wawancara
M.Jalil
pemahaman masing – masing.
Pada intinya games hanya didefinisikan negatif saja dan tidak melihat sisi positifnya, padahal games juga terbagi menjadi dua jenis yaitu games yang bersifat mendidik dan tidak mendidik.
Untuk penjelasan lebih lanjut akan dijelaskan oleh narasumber kita yang akan dibantu oleh Narator kita yaitu Julia setelah jedah berikut ini.
In – up – down – out
(On Mike)
Para pendengar sekalian, langsung saja kita berkenalan dan berbincang-bincang dengan narasumber kita yaitu ibu Aisyah yang merupakan seorang guru pengendalian diri di SD 93 OKU dan bapak M. Jalil Arsyad selaku rektor di Universitas Terbuka Jakarta.
Langsung saja kita berkenalan dan berbincang-bincang dengan narasumber kita.
Selamat siang, bagaimana kabar bapak dan ibu hari ini?
(On Mike)
Selamat siang, alhamdulilah kabar baik.
(On Mike)
Baiklah kita akan langsung saja membahas tema kita pada siang hari ini yaitu tentang games dalam pendidikan.
Menurut bapak sebenarnya apa saja dampak negatif yang dapat ditimbulkan dari games? Silahkan
(On Mike)
Sebelumnya terima kasih karena sudah mengundang kami
Pemain Istilah Narasi/ Audio
Narator Wawancara
Aisyah
Narator Wawancara
Musik
Narator Wawancara Untuk hadir disini. Baiklah seperi yang ibu katakan tadi pada intinya game bukan hanya bersifat negatif saja tetapi game juga ada yang bersifat positif dan mendidik.
Dari kata tersebut kita sudah bisa mengira-ngira apa saja dampak dari games.
Untuk dampak positifnya seperti : anak jadi berpikir aktif, mau berusaha dan terampil sedangkan untuk dampak negatifnya seperti : anak sering lupa waktu dan utuk anak usia dini sering kali juga salah dalam memilih games dan mengartikan games itu apa dan mengapa diciptakan.
(On Mike)
Terus bagaimana kalau menurut ibu aisyah, silahkan bu!
(On Mike)
Betul apa yang tadi dikatakan bapak Jalil bahwa games bukan hanya bersifat negatif tetapi ada juga yang bersifat positif. Games juga dapat digunakan dalam proses belajar mengajar apalagi bagi anak usia dini, kita dapat menyatukan isi pembelajaran dengan cara belajar sambil bermain.
(On Mike)
Para pendengar sekalian tentu kalian semakin penasaran bukan, sebelum kita lanjutkan mari kita dengarkan terlebih dahulu lagu yang berikut ini.
In – up – down - out
(On Mike)
Para pendengar sekalian, masih diacara kami yang membahas tentang dampak dari games.
Pemain Istilah Narasi/ Audio
Aisyah
Narator Wawancara
Musik
Narator Wawancara
Aisyah
Pemain Istilah Menurut ibu apa ada yang bisa dilakukan selain menyatukan games dengan cara belajar sambil bermain?
(On Mike)
Tentu saja ada bu, untuk itu selain melibatkan games langsung dalam proses belajar mengajar perlu adanya pensosialisasian kepada masyarakat luss terutama orang awam tentang pengertian games ittu apa dan tujuan dari pembuatan dan penggunaan game itu apa manfaatnya.
Disinilah kita sebagai orang yang lebih tahu hal itu harus memberikan pengertian kepada mereka.
(On Mike)
Betul juga, bagaimana kalau kita melanjutkan perbincangan kita setelah yang satu ini!
Jangan kemana-mana para pendengar sekalian, masih banyak yang akan kita bahas pada siang hari ini.
In – up – down – out
(On Mike)
Para pendengar sekalian, kita tadi telah mendengar dampak negatif dan positif dari penggunaan game.
Game lebih disalah artikan sebagai sesuatu yang negatif, terus bagaimana cara menghilangkan imeks tentang games adalah sesuatu yang sifatnya negatif saja?
(On Mike)
Iya itu benar sekali, di zaman sekarang games sering kali dikatakan sebagai sesuatu hal yang negatif.
Seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya bahwa imeks dari dampak negatif terhadap games dapat dihilangkan
Narasi/ Audio
Narator Wawancara
M. Jalil
Narator Wawancara
Musik
Narator Wawancara apabila pengertian games telah dipahami dan sudah mengetahui manfaat dari games yang ada yaitu dengan cara mengadakan penyuluhan atau sosialisasi baik dengan menggunakan alat elektronik seperti : televisi, radio dan lain-lain atau mengadakan kegiatan seperti seminar, pelatihan dan juga dari mulut-kemulut.
(On Mike)
Oh...... jadi kalau begitu perlu adanya kegiatan khusus untk membahsa ini ya bu!
Bagaimana menurut pak M. Jalil apa ada yang sebaiknya dilakukan?
(On Mike)
Saya sangat setuju dengan pendapat dari ibu kalau hal ini harus diluruskan agar games bukan hanya memiliki dampak negatif saja tetapi juga ada kandungan nilai positif didalamnya mungkin secara sepintas seperti itu.
(On Mike)
Berarti perlu adanya pelurusan tentang pemahamannya ya pak, sepertinya perbincangan kita semakin menarik. Jangan kemana-mana kita akan kembali lagi setelah lagu berikut ini.
In – up – down – out
(On Mike)
Masih diacara pemahaman game dalam pendidikan! Sebelum melanjutkan perbincangan ini bagaimana jika kita memberi kesempatan kepada para pendengar yang ingin bertanya, silahkan menelpon kenomor telepon ini.
Pemain Istilah Narasi/ Audio
FX
Cici
Narator Wawancara
Cici
Narator Wawancara
M. Jalil
Narator Wawancara (suara telepon berdering)
( On Mike) ”Selamat siang ?”
(On Mike)
Selamat siang, iya bu dengan siapa dan dari mana?
(On Mike)
Nama saya Cici, dari Baturaja yang ingin saya tanyakan kepada bapak Jalil yaitu manfaat games bagi anak didik itu seperti apa dan apakah bapak bisa memberikan contoh?, selamat siang.
(On Mike)
Terima kasih atas pertanyaan mbak Cici kepada bapak dipersilahkan untuk menjawab.
(On Mike)
Pertanyaan yang cukup baik, dengan mengetahui manfatnya kita akan tahu maksud dari penggunaan game terutama dalam pendidikan.
Manfaat yang paling terlihat seperti :
1) Anak lebih muda memahami maksud dari apa yang diajarkan
2) Anak lebih berpikir kreatif dan fokus
3) Memudahkan guru dalam mengajar karena menggunakan alat praga dan sebagainya.
(On Mike)
Terima kasih pak telah menjawab pertanyaan dari mbak Cici, semoga penjelasan barusan bisa diterima dengan cukup baik.
Pemain Istilah Narasi/ Audio
FX
Narator Wawancara
Aprilian
Narator Wawancara
M. Jalil
Aisyah
(suara telepon berdering)
(On Mike)
Ternyata masih ada yang menelpon, baiklah selamat siang! dengan siapa dan dari mana ?
(On Mike)
Selamat siang, nama saya Aprilian dari Kemalaraja. Saya ingin bertanya apakah ada kiat yang bisa dilakukan untuk menghilangkan tanggapan negatif dari pengunaan game?
Terima kasih
(On Mike)
Terima kasih kembali atas pertanyaannya Mas April, baiklah mungkin bapak Jalil bisa menjelaskan.
(On Mike)
Sepertinya pertanyaanya lebih pantas dijawab oleh ibu Aisyah selaku guru pengendalian diri. Silahkan bu?
(On Mike)
Terima kasih sebelumnya, pertanyaan yang cukup baik ya mas.
Baiklah saya akan mencoba menjelaskan kepada mas tentang kiat-kiat apa saja yang bisa dilakukan untuk menghilangkan tanggapan negatif dari pengunaan game!
Tentu saja ada yaitu dengan cara mulailah scepatnya menghilankan kebiasaan berpikir negatif dan menggunakan games yang bifatnya tidak mendidik apalagi pada kalangan pelajar.
Pemain Istilah Narasi/ Audio
Narator Wawancara
Musik
Narator Wawancara
Aisyah
Narator Wawancara
M.Jalil dan Aisyah (On mike)
Sepertinya perbincangan ini semakin hangat saja, tetapi sebelum kita lanjtkan perbincangan ini marilah kita lewatkan lagu berikut ini.
In – up – down – out
(On Mike)
Masih diacara yang sama pemahaman game dalam pendidikan. Menurut ibu apakah ada cara yang tepat untuk menggunakan games?
(On Mike)
Tentu saja ada, cara yang tepat untuk menggunakan games juga harus disesuaikan dengan waktu dan keadaan psikologis anak didik sehingga dapat bermanfaat dengan baik.
(On Mike)
Jadi jangan pernah menyimpulkan sesuatu tanpa berpikir secara logika, terutama menyia-nyiakan waktu untuk hal yang kurang bermanfaat.
Baiklah bapak dan ibu sekalian sebenarnya masih banyak yang perlu kita bahas tetapi mengingat waktu kita terbatas jadi kita tutup sampai disini saja perbincangan kita pada siang hari ini. Terima kasih bapak dan ibu sudah bersedia hadir bersama saya dan juga pendengar semoga bermanfaat bagi kita semua (amin). Terima kasih atas kerjasamanya!
(On Mike) ”sama-sama, semoga bermanfaat”
Pemain Istilah Narasi/ Audio
Musik
Narator Narasi
Musik
Announcer
Musik Penutup In – up – down – under
(On Mike)
Kesimpulan yang dapat kita ambil pada siang hari ini ialah games bukan hanya sebuah kegiatan negatif tetapi juga dapat digunakan untuk hal-hal yang positif terutama untuk membantu proses belajar mengajar.
Hanya itulah yang akan kita bahas pada siang hari ini, apabila ada kesalahan atau terjadi perbedaan pendapat kami mohon maaf yang sebesarnya semoga apa yang disapaikan narasumber tadi dapat bermanfaat untuk kita semua.
In – up – down – out
(On Mike)
Para pendengar sekalian, demikianlah perbincangan kita pada siang hari ini, semoga kita dapat mengambil hikmah dari perbincangan kita tadi.
Sampai jumpa lagi dilain waktu dan acara yang sama dengan topik yang berebeda, sekian dan terima kasih.
In – up – down - out
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar